homeschooling, school, technology

5 Cara Buat Anak Anda Niat Belajar Walau di Rumah

Membuat anak niat belajar memang sulit. Menangani anak-anak bisa menjadi tugas tersendiri dan Anda harus memiliki banyak kesabaran hanya untuk bernalar dengan mereka ketika harus membuat mereka belajar sesuatu. Setiap anak memiliki kepribadiannya masing-masing yang membuat mereka merespons secara berbeda, jadi Anda perlu mencari tahu berbagai cara untuk melibatkan mereka dalam belajar atau belajar. Seiring bertambahnya usia, mereka juga perlu menyadari bahwa tidak setiap waktu dapat menjadi waktu bermain dan bahwa belajar adalah bagian penting dari kehidupan sehari-hari mereka.

Berikut 5 cara jitu yang akan membuat anak Anda menyukai waktu belajar:

Vaksinasi Anak Dilaksanakan Sejak Juli Ini, Bagaimana Detailnya?

1. Hadiahi mereka

Untuk anak-anak yang lebih kecil, sering kali suap berupa makanan ringan atau suguhan yang membuat mereka termotivasi untuk melakukan apa saja. Berjanjilah kepada mereka bahwa mereka akan mendapatkan sepotong permen atau cokelat atau makanan penutup tambahan jika mereka mengerjakan pekerjaan rumah tepat waktu. Pendekatan ini bagaimanapun, tidak baik untuk jangka panjang, karena mereka akan tumbuh dari itu tetapi memulai motivasi mereka untuk belajar sesuatu. Menghadiahi mereka bisa apa saja mulai dari mengajak mereka ke pesta ulang tahun anak lain, taman air, ke toko es krim favorit mereka, atau waktu kartun setengah jam tambahan. Itu akan selalu membuat mereka menantikan waktu belajar.

Sistem Pendaftaran Sekolah Online Berbasis Website Di Provinsi Banten Belum Siap

2. Buatlah menyenangkan

Jangan pernah memarahi anak-anak Anda karena tidak mempelajari sesuatu dengan benar. Mereka akan mengasosiasikan waktu belajar dengan Anda marah pada mereka dan mereka akan mencoba yang terbaik untuk menghindarinya. Jadikan waktu belajar mereka menyenangkan dan menarik. Gunakan alat peraga atau lagu jika perlu dan selalu tenang jika mereka tidak mengerti apa-apa.

Trik Agar Anak Fokus Belajar Tanpa Terdistraksi

3. Puji mereka

Selalu puji anak Anda untuk setiap jawaban benar yang mereka berikan. Bahkan jika itu salah, Anda harus memuji anak atas upaya yang dilakukan. Ini akan memotivasi anak-anak dan membuat mereka menyadari bahwa menemukan solusi untuk masalah memberi mereka penghargaan dalam hidup. Ini akan membangun kepercayaan diri dan harga diri mereka dalam proses juga.

Ledakan Kasus Covid-19 di Indonesia Meningkat, Ini Beberapa Buah Guna Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

4. Dorong mereka untuk bertanya

Jangan biarkan anak merasa malu untuk bertanya karena tidak ada pertanyaan adalah pertanyaan yang konyol. Mereka berada pada tahap dalam kehidupan di mana segala sesuatunya baru dan luar biasa, oleh karena itu Anda perlu memuaskan rasa ingin tahu mereka dengan menjawab pertanyaan.

Bantu Anak Tetap Fokus Saat Sekolah Online di Rumah, Ini Caranya

5. Baca

Agar mereka tertarik untuk membaca dan belajar, Anda perlu membiasakan membacakan untuk mereka setiap hari. Mereka dapat berupa cerita dari buku cerita mereka atau bab dari buku teks mereka. Mereka memiliki imajinasi liar sehingga mereka akan selalu senang mendengarkan Anda membaca dan mengembangkan ketertarikan untuk membaca dan belajar juga.

Ini adalah 5 strategi inti yang perlu Anda sertakan agar pembelajaran dan pengajaran menyenangkan bagi Anda berdua. Jika Anda seorang guru di pra-sekolah atau taman kanak-kanak, tips ini dapat dimasukkan ke dalam gaya mengajar Anda juga.

Inilah 10 Universitas Peringkat Tertinggi di SBMPTN 2021

1 thought on “5 Cara Buat Anak Anda Niat Belajar Walau di Rumah”

  1. Pingback: Pandemi Jadi Saat Tepat Tingkatkan Bacaan, Inilah Manfaat Membaca Bagi Anak - Seragam Mempeng

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top