sekolah di era pandemi

Ini 4 Cara Mengatur PR dan Tugas Agar Semua Selesai

Sekolah online membuat tugas dan PR datang bersamaan dan sampai buat kewalahan, saat beginilah mengatur PR dan tugas jadi penting. Mengatur PR bisa membuatmu lebih tertata dalam belajar.

Mempelajari cara mengatur, tetap fokus, dan menyelesaikan sesuatu adalah keterampilan yang harus dimiliki dalam mengelola tugas sekolah Anda. Selain membantu Anda mendapatkan nilai bagus, keterampilan ini membantu Anda dalam hampir semua hal dalam hidup. Semakin banyak Anda berlatih, semakin baik yang Anda dapatkan.

Terorganisir

Atur Barang Anda. Menjadi terorganisir membuat segalanya lebih mudah. Ini membantu Anda bekerja lebih cepat tanpa membuang waktu mencari barang.

Atur tugas dan informasi kelas Anda berdasarkan mata pelajaran. Letakkan di binder, buku catatan, atau folder. Jika Anda menemukan diri Anda memasukkan kertas-kertas lepas ke dalam tas Anda atau mengambil buku catatan yang berbeda untuk kelas yang sama, inilah saatnya untuk berhenti dan mengatur ulang!

Bersihkan ransel Anda secara teratur. Putuskan di mana Anda akan menyimpan tugas yang dikembalikan dan hal-hal yang ingin Anda pertahankan. Membongkar barang-barang yang tidak perlu lagi Anda bawa.

Atur Ruang Anda.

Anda membutuhkan ruang kerja yang baik — tempat yang cukup tenang untuk fokus. Yang terbaik adalah bekerja di meja atau meja di mana Anda dapat menyebarkan pekerjaan Anda. Siapkan tempat untuk pekerjaan rumah. Dengan begitu, ketika Anda duduk, pikiran Anda tahu bahwa Anda ada di sana untuk bekerja dan dapat membantu Anda lebih cepat fokus.

Atur Waktu Anda.

Gunakan aplikasi perencana atau organisasi untuk melacak tugas sekolah Anda:

Tuliskan semua tugas Anda dan kapan waktunya.

Pecah proyek besar menjadi beberapa bagian. Catat tanggal kapan setiap bagian harus diselesaikan. Tandai di perencana Anda saat Anda akan mengerjakan setiap bagian.

Tandai tanggal Anda akan menjalani tes, lalu catat kapan Anda akan belajar untuk itu. Jangan tinggalkan sesuatu sampai menit terakhir — Anda hanya akan bekerja dua kali lebih keras untuk melakukan setengahnya juga. Salah satu cara pasti untuk mengurangi kecemasan ujian adalah mempersiapkan diri dengan belajar (sungguh!).

Masukkan aktivitas lain di kalender Anda — seperti latihan tim, latihan drama, rencana dengan teman, dll. Ini membantu Anda melihat sebelumnya ketika segala sesuatunya mungkin terlalu sibuk untuk menyelesaikan semua pekerjaan Anda. Gunakan agenda Anda untuk menjadwalkan jam berapa Anda akan mengerjakan tugas sekolah pada hari-hari Anda memiliki aktivitas lain.

Menjadi fokus

Hindari Gangguan. Saat Anda melakukan banyak tugas, Anda kurang fokus. Itu berarti Anda cenderung tidak berhasil dalam tes itu. Parkirkan perangkat Anda dan periksa hanya setelah pekerjaan Anda selesai.

Beberapa orang berkonsentrasi paling baik saat sepi. Yang lain mengatakan mereka belajar paling baik jika mereka mendengarkan musik latar. Jika Anda belajar dengan musik, pastikan itu tidak akan mengalihkan Anda untuk menyanyikan lirik dan menari di seluruh ruangan Anda. Jika Anda mendapati diri Anda membaca halaman yang sama berulang-ulang, itu adalah petunjuk bahwa musik adalah pengalih perhatian, bukan bantuan.

Istirahat. Beristirahat sejenak di antara tugas dapat membantu pikiran Anda tetap segar dan fokus.

Bangun dari meja Anda, bergerak, meregangkan tubuh, atau berjalan-jalan untuk menjernihkan pikiran. Biarkan pikiran Anda menyerap apa yang baru saja Anda pelajari. Waktu istirahat adalah saat Anda dapat memainkan lagu yang membuat Anda menari dan bernyanyi! Pastikan Anda kembali ke studi Anda dalam beberapa menit.

Fokuskan Kembali Diri Anda.

Jika Anda mendapati diri Anda terganggu dan memikirkan hal-hal lain, tarik perhatian Anda kembali ke mode belajar sesegera mungkin. Ingatkan diri Anda bahwa sekarang saatnya untuk tetap pada tugas.

Selesaikan!

Tetap fokus saat Anda melakukan langkah dan detail terakhir. Dorong diri Anda — Anda hampir mencapai garis finis! Periksa pekerjaan Anda yang sudah selesai. Letakkan pekerjaan Anda di folder atau binder yang tepat. Kemasi ransel Anda untuk besok. Sekarang Anda sudah menyelesaikannya.

Singkatnya, berikut adalah daftar periksa singkat tentang hal-hal yang dapat membantu Anda mengatur, fokus, dan menyelesaikannya:

TAHU tenggat waktu Anda.
LAKUKAN membuat kalender tahapan dan tanggal jatuh tempo akhir.
LAKUKAN sertakan acara sosial di kalender ini untuk manajemen waktu.
PAHAMI tugas dan harapan.
JANGAN beri diri Anda tempat yang tenang untuk belajar dengan semua bahan yang Anda butuhkan.
JANGAN beri diri Anda istirahat sejenak.
JANGAN menunda pekerjaan sampai menit terakhir; Anda akan terlalu panik untuk fokus.
JANGAN mengerjakan pekerjaan rumah Anda larut malam atau di tempat tidur.
JANGAN biarkan diri Anda bosan. Temukan aspek proyek atau makalah yang menarik minat Anda. Jika Anda sekarat karena bosan, ada yang tidak beres.
Jika Anda memerlukan lebih banyak kiat untuk tetap fokus, mintalah bantuan guru, konselor sekolah , atau orang tua. Itu tugas mereka untuk membantu dalam pembelajaran Anda.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top