Inilah Kain-kain yang Bagus untuk Seragam Kemeja Sekolah

Meskipun pandemi masih berlangsung entah sampai kapan, seragam kemeja sekolah masih banyak dipesan.

Bagi sebagian anak, ada yang belajar daring dengan memakai seragam kemeja. Selain tampak rapi, memakai kemeja sekolah diharapkan bisa menjaga konsentrasi anak saat belajar di rumah.

Supaya nyaman dikenakan, biasanya orangtua memilih dengan cermat jenis kain untuk seragam kemeja anaknya.

Kenyamanan memakai seragam kemeja tentu saja sangat berpengaruh pada kenyamanan bergerak, konsentrasi belajar, dan kenyamanan kulit anak.

Dari sekian banyak jenis kain untuk kemeja, ada beberapa jenis yang bagus digunakan sebagai seragam kemeja sekolah. Salah satu kriterianya adalah kemampuan kain menyerap keringat. Kain katun tentu juaranya. Selain katun, ada kain apa lagi nih yang cocok untuk seragam kemeja sekolah?

Jenis kain untuk seragam kemeja sekolah

1. Kain katun

Jenis bahan katun terbuat dari bahan serat kapas yang sudah diproses terlebih dahulu. Seragam kemeja yang terbuat dari bahan katun akan memberikan rasa nyaman dan adem

Selain itu, kelebihan kain katun yang lain adalah sangat mudah menyerap keringat dan tidak mudah kusut selama digunakan. Namun, serat bahan katun yang cukup tipis membuat kita harus hati-hati saat mencucinya karena akan mudah sobek nantinya.

2. Kain drill

Kain drill ada banyak jenisnya. Perbedaan dari jenis taipan, ventaro, american drill, japan drill, venoza, serta cadillac adalah kelembutannya. Dari sekian jenis bahan drill ini yang paling mahal adalah kain taipan drill. Alasannya pasti tahu dong. Yup, bahan taipan drill sangat lembut karena mempunyai serat katun yang sangat banyak.

3. Kain oxford

Kain ini memiliki spesifikasi bahan yang teksturnya rata, berbeda dengan kain drill. Secara umum, kain ini oxford lebih tipis daripada kain drill. Karena semakin banyak komposisi bahan katunnya, sebagian besar konveksi seragam sekolah di berbagai daerah menggunakan kain oxford. Selain itu, oxford mempunyai keunggulan tersendiri, yaitu serat – serat yang sangat kuat sehingga tidak mudah robek dan awet. Kelebihan lain oxford adalah pemilihan warnanya bervariasi. Banyak merek kain yang menggunakan bahan oxford dengan harga dan kualitas yang berbeda. Setiap mereknya juga punya kelebihan dan kekurangan. Biasanya seragam kemeja yang menggunakan bahan oxford adalah seragam pramuka.

4. Kain TC

Kain TC atau tetoron cotton merupakan kain yang terbuat dari campuran benang tetoron dan benang katun. Kain TC menjadi standar minimal bahan seragam sekolah. Karena itu, sebagian besar konveksi seragam sekolah menggunakan kain TC ini.

Variasi TC di antaranya adalah TC Nyonya, TC dakron, TC kijang, dan sebagainya. TC dakron paling sering dipakai untuk seragam sekolah. Bahan TC dakron sangat halus sehingga siswa nyaman memakainya dalam jangka waktu lama

5. Kain PC

Kain PC atau polyester cotton merupakan jenis kain seragam yang lebih bagus dan lembut dibandingkan bahan seragam TC. Kain ini dibuat dari campuran benang polyester dan katun. Meskipun lembut, kandungan polyester bisa menimbulkan gatal – gatal bagi anak – anak yang kulitnya sensitif.

6. Kain Plat

Bahan kain plat merupakan bahan kain seragam yang murah dan kualitasnya termasuk bagus. Kain ini lembut, tidak berbulu, dan cukup adem di kulit. Kain plat bisa menjadi pilihan jika anggaran yang tersedia minimalis. Harga kain plat lebih ekonomis ketimbang kain lain yang biasa digunakan untuk membuat seragam.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top