Kejar Mimpi Atau Terima Realita…?

Enaknya kejar mimpi atau terima realita? Bagi anak-anak kelas 3 SMA yang sudah mau lulus, sebentar lagi kalian meninggalkan dunia sekolah dan mulai masuk perguruan tinggi. Wahh, pasti jantung berdebar-debar memikirkannya. Ingat ya, di perguruan tinggi kebanyakan tidak perlu seragam lagi, ya kecuali kalau kamu masuk di sekolah kedinasan, itu beda cerita.

Kebingungan yang dihadapi anak-anak yang sudah mau menyelesaikan tahap sekolah 12 tahun adalah mereka menyadari pertanyaan apa yang perlu dilakukan setelah lulus. Beberapa tidak punya pilihan dan terpaksa sudah masuk dunia kerja di usia 17/18 tahun. Beberapa bisa berkesempatan mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi negeri. Ciee, sudah mau kuliah nih.

Lantas, apakah saat di kelas 3 kita harus menentukan pilihan kuliah? Tentu. Dan apakah semua orang membuat keputusan yang tepat? Sayangnya tidak.

Tidak sedikit pula yang berambisi masuk jurusan tertentu atau universitas tertentu. Tidak apa, itu impian, cita-cita yang dipupuk sedari dini. Namun, banyak pula impian-impian para calon mahasiswa itu terkubur karena gagal mengejarnya. Realita menabrak sanubari mereka, menyadarkan tidak semua yang diharapkan bisa tercapai.

Kalau kamu pilih terima realita atau terus mengejar mimpimu?

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top