homeschooling, school, technology

Tips dan Trik Agar Tidak Bosan Belajar di Rumah

Belajar adalah tugas dan kewajiban siswa, kini belajar yang dilakukan sehari-hari adalah belajar di rumah. Tentu saja hal itu cukup membosankan. Lantas apa yang bisa dilakukan agar tidak bosan?

1. Belajar dengan metode 50:10

Menurutnya, metode ini memiliki arti dalam waktu satu jam gunakan 50 menit untuk belajar dan berhenti 10 menit untuk beristirahat sejenak. Ini karena belajar dalam jangka waktu lama tidak akan terserap dengan baik oleh otak.

2. Membuat target belajar

Kamu harus bisa membuat target belajar mulai dari berapa banyak soal yang akan kamu selesaikan maupun seberapa jauh materi yang harus kamu belajari.

3. Reward dan punishment

Jika targetmu selesai, kamu bisa memberikan hadiah untuk diri sendiri. Sedangkan sebaiknya, jika kamu tak berhasil mencapai target, cobalah memberi hukuman kecil pada diri sendiri. Hal ini akan membantu kamu untuk belajar disiplin dan bisa lebih baik lagi.

4. Jangan hanya belajar dari satu sumber

Kamu dapat mencoba belajar menggunakan ponsel, laptop atau lainnya untuk mencari banyak sumber. Selain itu, banyak membaca buku agar wawasan kamu bisa semakin luas.

5. Cari suasana baru

Jika merasa bosan, maka kamu bisa mencari tempat yang kamu sukai dan jadi tempat belajar, selain kamar atau area rumahmu. Hal ini tentu dilakukan agar kamu dapat suasana belajar baru dan tidak cepat bosan.

6. Berdoa sebelum belajar

Berdoa juga sangat penting. Karena Tuhan memberikan kemudahan bagi hamba-Nya yang selalu ingat dengan-Nya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top