True Beauty dan Black Cinderella, Dua Drama Sekolah Membahas Perundungan dan Kepercayaan Diri, Ini Perbandingan Seragamnya

Sekolah tidak pernah jauh dari perundungan dan teman-teman yang jahat kepada kita yang membuat kepercayaan diri runtuh.

Itulah sebabnya banyak cerita sekolah juga membahas tentang perundungan di sekolah baik itu oleh siswa perempuan maupun laki-laki.

Tahun 2021 ini banyak disajikan drama tentang perundungan dan persahabatan di sekolah.

Menariknya, ada dua drama dari negara yang berbeda memiliki kemiripan baik secara tampilan maupun inti cerita.

Namun keduanya dirilis tidak bersamaan.

Drama pertama adalah drama Korea ‘True Beauty’ yang diangkat dari serial webtoon berjudul sama.

Sedangkan drama kedua adalah drama Jepang ‘Black Cinderella’.

Langsung saja berikut adalah perbandingan keduanya.

True Beauty

Bagi yang sudah menonton drama ini, kalian Tim Su-Ho atau Tim Seo-Jun?

Layaknya drama sekolah lainnya, drama ini seru dan menyenangkan dibalut dengan tema persahabatan, percintaan anak sekolah dan juga menceritakan pentingnya kecantikan dalam diri.

Pemeran drama ini antara lain Moon Ga Young, Cha Eun Woo serta Hwang In Yeop.

Cerita berpusat pada gadis bernama Ju Kyung yang diperankan oleh Moon Ga Young, ia adalah gadis sederhana yang tidak bisa dandan dan dirundung teman-teman di sekolah lamanya karena hal itu. Singkat cerita, keluarganya pindah tempat tinggal dan Ju Kyung bertekad untuk mendapatkan teman di sekolah barunya.

Ia kemudian memakai make up tebal ke sekolah untuk menutupi wajahnya yang tidak cantik dan jerawatan. Segera saja ia menjadi gadis paling populer di sekolah itu dan menarik perhatian dua cowok di kelasnya: Su Ho (Cha Eun Woo) dan Han Seo Jun (Hwang In Yeop). Ia juga memiliki sahabat yang baik dan cantik, tapi salah satu dari sahabat barunya cemburu melihat Ju Kyung dekat dengan Su Ho.

Konflik tumbuh ketika sahabat Ju Kyung mengetahui masa lalu Ju Kyung yang dirundung karena jelek dan memilih menyebarkannya di sekolah mereka.

Black Cinderella

Sama halnya dengan dua pangeran di True Beauty, Black Cinderella juga menampilkan dua cowok baik yang sulit untuk dipilih: Tachibana Keigo dan Shimamura Sora, yang memperebutkan sosok Kamiya Manaha, ‘cinderella’ dalam cerita ini.

Bercerita tentang gadis Kamiya Manaha yang diperankan oleh Riko, yang sederhana dan sejak kecil bercita-cita ingin mengikuti kontes kecantikan Miss Seiran Contest, akhirnya di waktu SMA keinginan itu bisa terwujud walaupun ia tidak begitu cantik ataupun populer. Ia diajak oleh gadis pemenang kontes kecantikan itu di kelasnya, Kasumi Yuri (diperankan oleh Erica).

Ikutnya Manaha membuat cowok paling tampan dan pemenang Mister Seiran Contest di kelas mereka, Tachibana Keigo (diperankan oleh Kamio Fuju), bersemangat dan ingin mengenal Manaha lebih jauh. Namun ternyata sebelum Manaha bisa tampil di ajang kontes tersebut, Yuri membuatnya mundur dan bahkan merusak penampilan Manaha dengan membuat wajah Manaha terluka.

Manaha kecewa, dan ia hampir dirundung oleh Yuri dan teman-temannya bahkan oleh Keigo yang diperintah Yuri, hingga akhirnya cowok misterius di kelasnya bernama Shimamura Sora yang diperankan oleh Itagaki Mizuki membelanya dan menyemangatinya lagi walaupun Manaha memiliki bekas luka di wajahnya.

Tanpa disadari, Manaha menjadi makin dekat dengan Sora, dan Keigo tidak bisa lagi diam mengikuti keinginan Yuri. Akhirnya terkuak masa lalu Keigo yang membuatnya kehilangan status sebagai cowok populer di sekolah mereka.

True Beauty dan Black Cinderella

Kedua drama ini menampilkan makna tentang kepercayaan diri dan kecantikan dalam diri, bahwa sebenarnya make up dan penampilan bukanlah penentu siapa sebenarnya diri kita. Cerita yang mengalir dibalut pertemanan masa SMA membuat makna-makna tersebut tersampaikan lebih natural.

Kedua drama sama-sama terfokus dalam perjalanan tokoh gadisnya untuk bisa menerima diri sendiri, bisa mencintai diri sendiri dan bisa membangun kepercayaan diri.

Menariknya, walaupun berangkat dari negara yang berbeda, warna-warni seragam yang dipakai dalam kedua drama ini hampir sama.

Berikut adalah beberapa perbandingan foto-fotonya.

 

 

Perundungan di drama True Beauty dan Black Cinderella

 

 

Jas sekolah di True Beauty dan Black Cinderella sama-sama berwarna ungu violet.

Perbedaannya adalah karena True Beauty merupakan drama musim dingin Korea Selatan, kita banyak melihat para pemain menggunakan aksesoris penghangat tubuh untuk dipakai bersama seragamnya.

Sedangkan Black Cinderella adalah drama musim semi Jepang, sehingga seragam sekolahnya ditampilkan dengan balutan lebih segar.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top